Sebagai SMK Pusat Keunggulan : SMKN 1 Kota Kupang Tetap Berinovasi

oleh -124 views

Kupang,HRC- Eksistensi kehadiran Sekolah Menengah Kejuruan di Republik ini menentukan maju mundurnya negara ini karena apa? Sekolah yang menitikberatkan pada keahlian mendidik peserta didik untuk siap terjun ke dunia kerja.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu sekolah kejuruan negeri di kota Kupang yang berada dalam barisan sekolah pusat keunggulan (Center of Excellent).

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala sekolah SMKN 1 Kota Kupang,I Nengah Aditanaya, S.Pd, MM ditemui media Independent Hak Rakyat di ruang kerjanya Sabtu (20/11/2021) mengatakan SMKN 1 Kota Kupang adalah salah satu SMK pusat keunggulan di NTT untuk itu sebagai SMK Pusat Keunggulan tentunya dituntut untuk tetap kreatif dan inovatif dari waktu ke waktu.

” Karena kita tergolong SMK pusat keunggulan maka,satu kepastian adalah sekolah ini harus berinovasi terus- menerus” Jelas Aditanaya.

Lebih lanjut Aditanaya yang sudah 30-an tahun mengabdi sebagai guru di sekolah ini mengatakan sekolah dengan jumlah siswa 2200-an ini tentunya menuntut manajemen pihak sekolah untuk tetap menjalankan setiap tugas pendidikan di sekolah ini sesuai dengan juknis dan juklak yang ada.

” Sekolah kita dengan jumlah siswa 2200 terdapat 62 Rombel dan hal ini sudah pasti menuntut Kepala sekolah sebagai penanggung jawab utama untuk tetap kreatif,berani bertindak demi terlaksananya kegiatan pendidikan di sekolah ini sesuai visi dan misi sekolah” Ungkap Aditanaya.

Terkait pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar tetap muka terbatas di sekolah ini tidak lain Aditanaya mengatakan terdapat pembagian shift dimana shift satu dapat mengikuti pelajaran dari pukul 8.00 hingga 11.00 dan selanjutnya hingga pukul 13.30 bagi Shift kedua.

” Karena siswa kita banyak sampai 200-an maka kita harus berlakukan sistem shift. Ada yang pagi dan ada yang siang dengan jumlah setiap Rombel menjadi 50% dari jumlah siswa yang ada” Jelas Aditanaya.

Aditanaya menambahkan sebagai sekolah kejuruan yang mempersiapkan anak didik siap masuk dunia kerja sudah tentu membangun kemitraan bersama seluruh stakeholder baik itu pemerintah atau pun pihak Swasta dalam hal ini, dunia usaha dan industri.

” Karena kami SMK yang nota- benenya mempersiapkan generasi unggul bangsa yang siap memasuki dunia kerja Maka sudah pasti harus kami bangun kerjasama dengan pihak dunia usaha dan dunia industri” Tegas Aditanaya.

Selain itu terkait dukungan sumber daya manusia khusus tenaga pendidik tidak lain Aditanaya mengatakan bagi SMKN 1 Kota Kupang selalu berupaya mengutus guru-guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan sebagai bentuk peningkatan kualitas tenaga pendidik di sekolah ini.

” Untuk guru-guru di sekolah ini sering kita ikutkan dalam setiap kegiatan Bimtek dan Diklat baik di tingkat nasional atau pun di tingkat daerah. Tujuannya meningkatkan kualitas tenaga pengajar yang handal” Terang Aditanaya.

SMKN 1 Kota Kupang dengan 5 prodi yakni, jurusan Perkantoran, Akuntasi, Bisnis Pemasaran, Pariwisata, dan Teknis Komputer dan Jaringan (TKJ) ya ng dari sisi akreditasi Nasional sekolah ini memperoleh nilai akreditasi A.
(Tim Hak Rakyat)*

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.