SMK Kencana Sakti Kota Kupang : Menghasilkan Kader Pemimpin Siap Pakai

oleh -10 views

Kupang,HRC- Pendidikan menentukan gerak majunya bangsa ini.
Jauh sebelum Indonesia merdeka, pendidikan di Republik ini telah dirintis oleh pemerintah Hindia-Belanda dan sayangnya hanya segelintir orang yang memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan.

Di zaman Indonesia merdeka mulailah fasilitas pendidikan disiapkan oleh negara dengan mendirikan sekolah hampir seluruh Nusantara memperoleh kebaikan ini.

Peranan sekolah swasta jauh sebelum sekolah-sekolah negeri ada, kontribusi pembangunan pendidikan dari sekolah swasta telah dinikmati negeri ini.

Sekolah swasta adalah penggerak dan penentu majunya pendidikan di sebuah daerah bahkan di negeri ini.

Pose Bersama Kepsek dan Tim Hak Rakyat

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kencana Sakti Kota Kupang merupakan salah satu sekolah swasta di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (Prov.NTT) yang telah berkiprah di negeri Flobamora sejak tahun 1989.

Sekolah ini memiliki 4 program studi keahlian yakni Perhotelan, Pariwisata, Assistent Perawat, dan Nautika/Pelayaran.

Kepala sekolah (Kepsek) SMK Kencana Sakti Kota Kupang, Dra. Bertha Haning,MM ditemui media Indepndent Hak Rakyat diruang kerjanya Jumat, (22 /10/2021) mengatakan SMK Kencana Sakti adalah salah satu SMK Swasta di Kota Kupang yang kini masih diminati masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya dengan jumlah siswa terbanyak untuk ukuran SMK Swasta.

Kepsek SMK Kencana Sakti Kota Kupang, Dra. Bertha Haning,MM.

” SMK Kencana Sakti sampai saat ini masih memiliki siswa terbanyak ukuran sekolah kejuruan swasta. Dulunya kita banyak siswa namun sejak munculnya Sekolah Kejuruan Negeri di Kota Kupang dengan program studi yang sama maka dengan sendirinya perlahan-lahan siswa kita berkurang” Ungkap Haning.

Lebih lanjut Kepala sekolah sejak tahun 1992 ini menambahkan dengan 4 program studi keahlian yang ada pada sekolah ini setidaknya telah menorehkan prestasi pembangunan pendidikan di daerah ini. hal ini didukung dengan alumni siswa-siswi sekolah ini telah menyebar di berbagai sektor dunia industri kerja. Bahkan didunia akademik ada alumni yang berhasil diterima di kampus ternama di Indonesia yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadja Mada (UGM), Universitas Air Langga dan bahkan beberapa Universitas Negeri ternama termasuk Undana NTT.

” Alumni sekolah ini sudah banyak yang menjadi dokter dari Unair bahkan ada yang sedang kuliah di Turki. Sementara untuk Undana hampir rata-rata siswa kita lanjut studi di kampus ini”Kisah Haning.

Terkait Akreditasi Nasional oleh Haning mengatakan SMK Kencana Sakti Kupang untuk 4 jurusan telah memperoleh akreditasi A untuk program studi Pariwisata sementara untuk 3 program studi lainnya masih berstatus B.

” Sekolah kita sudah memiliki Sertifikat ISO sejak tahun 2012 dan untuk Akreditasi jurusan Pariwisata memperoleh nilai A dan untuk jurusan Nautika, Asisten Perawat, dan Perhotelan masih B” Jelas Haning.

Sekolah dengan jumlah siswa 280 siswa dan 32 tenaga pendidik dan kependidikan ini memiliki spirit untuk membangkitkan SDM NTT menuju NTT yang sejahtera dan berdaya saing baik ditingkat Nasional maupun ditingkat Internasional.

” Kami memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan di NTT terkhusus pendidikan Vocational karena hanya melalui pendidikan daerah ini dapat maju” Terang Haning.

Perlu diketahui lembaga ini kini membuka sayap dibeberapa daerah di NTT termasuk di pulau Rote selatan Indonesia Kabupaten Rote Ndao NTT dan di Kabupaten Timor Tengah Selatan (Kab.TTS).

Selain SMK ada juga Satuan pendidikan Menengah Pertama (SMP) dan Akademi/Perguruan Tinggi. Sudah tentu lembaga ini secara khusus mendedikasikan diri dalam dunia pembangunan pendidikan. (Frengco/Eshy)*

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.