Moderasi Agama : Program Unggul Kementerian Agama RI

oleh -20 views
Kepala kantor Departemen Agama Kota Kupang,Drs.Yakobus Beda Kleden,MM

Kupang,HRC- Agama memegang peranan penting di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hal ini nampak melalui  kebijakan negara dalam menjamin seluruh rakyat pemeluk agama di Republik ini serta banyak produk regulasi negara yang berpihak pada agama.

Tahun 2021 Kementerian Agama RI meluncurkan sebuah program, program ini bertujuan menciptakan rasa solider,harga-menghargai diantara pemeluk agama di republik ini. Program ini oleh Kementerian agama republik Indonesia di beri nama Moderasi Agama.

Kepala kantor Departemen Agama Kota Kupang,Drs.Yakobus Beda Kleden,MM ditemui media ini di ruang kerjanya belum lama ini mengatakan kota Kupang merupakan satu-satunya kota yang ada di NTT untuk itu kota Kupang juga menjadi miniator NTT dimana masyarakat Kota Kupang adalah masyarakat majemuk dari berbagai kalangan suku dan agama di Nusatara.

“Ada program dari Kementerian agama terkait refleksi pemahaman agama dimana penghayatan dan pengamalan dalam kehidupan beragama harus sampai tingkat kebutuhan hidup. Dan agama harus menjadi sarana damai,kerukunan,harga-menghargai diantara umat manusia Indonesia”Jelas Kleden.

lebih lanjut Kleden mengatakan hakekat moderasi agama sesungguhnya mau menyadarkan setiap pemeluk agama di republik ini untuk saling menghargai dan memandang satu dengan yang lain berarti dan berguna pada masing-masing agamanya.

Kleden mengatakan agama harus membawa pesona damai,cinta, keadilan,kebenaran,kebaikan dan hal-hal kebajikan harus ditabur oleh nilai-nilai agama di Republik ini.Bukan sebaliknya agama hadir menjadi pemicu masalah,tampil menjadi profokator dan alat politik praktis.

“Pada dasarnya agama mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran.Yang lebih utama agama mengajarkan tentang akhlak dan perilaku hidup terkait kehidupan eskatologis yakni  kehidupan setelah kehidupan ini”Tandas Kleden.

Program moderasi agama pelaksanaannya dari pusat hingga daerah harus menjadi sinkron untuk itu tugas setiap warga pemeluk agama bertanggung-jawab dalam menjamin kerukunan,kedamaian dan membina solider diantara umat beragama. (Frengco/Eshy)*

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

No More Posts Available.

No more pages to load.